GERAKAN

RAYAKAN PERBEDAAN
BADUY KEMBALI

Baduy Kembali, Masih Bisakah?

Derasnya arus modernisasi dan perkembangan teknologi informasi mulai mempengaruhi kehidupan Baduy yang terkenal sebagai salah satu komunitas masyarakat sub-etnis Sunda yang memiliki keunikan pola isolasi dan ketaatan atas adat istiadat dalam kehidupannya.

Apa yang terjadi di Baduy bisa mewakili refleksi potret bangsa Indonesia yang harus ikut terseret dalam arus zaman yang semakin cepat bergerak, melahirkan peluang maupun problematika yang tidak sekadar cukup menjadi wacana namun juga memotivasi untuk mengambil tindakan maupun gerakan agar tetap memiliki eksistensi diri.

Kompas.com melalui Gerakan Rayakan Perbedaan melakukan gerakan terintegrasi untuk mendukung tersampaikannya informasi dan pengetahuan berharga ini kepada masyarakat umum, khususnya generasi muda. Bekerjasama dengan Bentara Budaya Jakarta, Gerakan Rayakan Perbedaan Baduy Kembali dilahirkan. Direpresentasikan melalui berbagai kegiatan yaitu: pameran seni dan budaya Baduy, penampilan musik budaya kolaborasi musisi modern dengan musisi Baduy, diskusi dengan sosiolog, antropolog, dan narasumber dari Baduy tentang Baduy lalu dan kini, dilengkapi pula dengan pagelaran busana yang menghadirkan kain-kain tenun Baduy. Kegiatan-kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 6-10 April 2016 bertempat di Bentara Budaya Jakarta.

Tidak lengkap gerakan ini diinisiasi tanpa adanya sentuhan digital yang mampu mengamplifikasi, yaitu kolaborasi bersama Kompasiana.com melalui kompetisi blog tentang budaya Baduy, serta kolaborasi antara Harian Kompas, Kompas.com, dan Kompas TV melalui Visual Interaktif Kompas (VIK).

Rangkaian Kegiatan

Pameran Seni dan Budaya Baduy Kembali
Bentara Budaya Jakarta
6–10 April 2016
Pkl. 18.30 – 21.30 WIB (6 April)
Pkl. 10.00 – 21.00 WIB (7-10 April)
Konser "Membaca Baduy"
bersama Jodhi Yudono dan Tlaga Swara
Bentara Budaya Jakarta
6 April 2016
Pkl. 19.00 – 21.00 WIB
Diskusi dengan Sosiolog, Antropolog, dan Tokoh Baduy
Bentara Budaya Jakarta
8 April 2016
Pkl. 14.00 – 16.00 WIB
Pagelaran Busana Kain Baduy
Bentara Budaya Jakarta
8 April 2016
Pkl. 16.00 – 17.00 WIB
Kompetisi Blog: Baduy Kembali
Ikuti Kompetisi Blog Rayakan Perbedaan Baduy Kembali berhadiah uang tunai untuk tiga penulis terbaik.
Klik di sini
VIK Baduy Kembali
Simak kisah Suku Baduy disajikan dalam bentuk visual interaktif.
Klik di sini